Pengertian dan Tujuan ISD
Pengetahuan yang menelaah masalah-masalah
sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai
bidang pengetahuan . Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan gabungan dari
ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu
memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin
dipadukan .
Penerapan mata kuliah ISD ini dalam perkuliahan
bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial, agar daya
tangkap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan
sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka. Selain itu ISD ini juga
bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk memahami jalan pikiran para ahli sosial
sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dalam rangka menanggulangi masalah
sosial yang tumbuh di kalangan masyarakat
Kelompok Ilmu Pengetahuan
A. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince
) : Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-
keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan
hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis
untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan.
Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100
5 salah.
B. Ilmu-ilmu sosial ( social scince
) : ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu
alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran.
Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah
dari saat ke saat.
C. Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat
unik, kemudian diberi arti.
ISD dan IPS
ISD dan IPS memiliki beberapa perbedaan dan persamaan. Adapun persamaan keduanya adalah :
ISD dan IPS memiliki beberapa perbedaan dan persamaan. Adapun persamaan keduanya adalah :
1.
Kedua-duanya merupakan ilmu atau bahan studi untuk
kepentingan program pengajaran
2.
Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3.
Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan
masalah sosial
Sedangkan perbedaannya adalah :
1.
ISD diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di
Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
2.
ISD merupakan mata kuliah tunggal, sedangkan IPS merupakan
kelompok dari sejumlah mata
pelajaran
3.
ISD diarahkan untuk pembentukkan sikap dan kepribadian,
sedangkan IPS diarahkan untuk
pembentukkan pengetahuan dan keterampilan intelektual
Ruang Lingkup ISD
Materi ilmu sosial terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk mengetahui masalah-masalah sosial hendaknya kita mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami konsepnya. Sehingga bahan ajaran ISd dikelompokan menjadi 3 bagian, yaitu :
Materi ilmu sosial terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk mengetahui masalah-masalah sosial hendaknya kita mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami konsepnya. Sehingga bahan ajaran ISd dikelompokan menjadi 3 bagian, yaitu :
1.
Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang
secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan sosial
tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli, hal ini terjadi karena
adanya perbedaan latar belakang disipli ilmu dan sudut pandangnya.
2.
Konsep-konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan-kenyataan
sosial dibatasi oleh konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial. Sebagai contohnya adalah masalah "keanekaragaman
" dan " persatuan sosial " . Bertolak dari kedua konsep
tersebut, kita dapat memahami dan menyadari bahwa daam masyarakat selali
terdapat persamaan dan perbedaan pola pikir dan tingkah laku, serta persamaan
dan perbedaan kepentingan.
3.
Masalah sosial yang timbul dalam masyarakat , biasanya terlibat
dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lainya
saling bersangkutan.
Berdasarkan bahan kajian diatas , dapat ditarik
maka ruang lingkup ISD diharapkan mempelajari dan memahami bahwa adanya :
1.
Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan
2.
Masalah individu, keluarga, dan masyarakat
3.
Masalah pemuda dan sosialisasi
4.
Masalah hubungan antara warga negara dan negara
5.
Masalah pelapisan sosial dan persamaan derajat
6.
Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan
7.
Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi
8.
Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan
kesejahteraan masyarakat
Referensi:
·
buku buku elektronik MKDU I S D.pdf
Komentar
Posting Komentar